Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauKaltim

Soal Harga Tiket : Citilink dan Lion Air Diduga Langgar Aturan

ZonaTV
221
×

Soal Harga Tiket : Citilink dan Lion Air Diduga Langgar Aturan

Sebarkan artikel ini

Harga Tiket Pesawat Lampaui Tarif Batas Atas

Example 468x60

Tanjung Redeb – Harga tiket pesawat dari Berau ke Balikpapan maupun ke Samarinda (atau sebaliknya) sampai hari ini masih terbilang cukup mahal. Rerata untuk sekali melakukan penerbangan dari Berau-Balikpapan saja, masyarakat harus membayar Rp 1.500.000 ribu, sementara untuk Berau-Samarinda diharga Rp 1.400.000 (Informasi dihimpun dari Traveloka.com). Dimana, sekarang sudah ada dua maskapai penerbangan yang membuka pelayanan di Berau.

Yakni, Citilink dan Wings Air (Lion Group). Meskipun ada dua maskapai yang melayani penerbangan di Berau, rupanya tidak memengaruhi harga tiket. Dua maskapai itu, tidak menerapkan harga sesuai aturan yang ada.

Dua maskapai yang saat ini membuka pelayanan penerbangan di Berau, diduga telah melanggar aturan ketetapan harga. Dimana, aturan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Lampiran Jenis Pesawat Pesawat Propeler > 30 seat Balikpapan-Berau (Batas Atas Rp 1.270.000) (Batas Bawah Rp 445.000). Berau-Samarinda (Batas Atas Rp 978.000) (Batas Bawah Rp 342.000).

Dari Laporan Data Penerbangan Kantor BLU UPBU Kelas 1 Kalimarau, Kamis 3 Agustus 2023, Total Pax Departure Berau-Balikpapan terisi 320 penumpang dewasa dan 2 anak-anak. Sementara, Berau-Samarinda terisi 119 penumpang dewasa dan 0 anak-anak, 1 Bayi.

Dimana, dari penyajian data dari Bandara Kalimarau, bahwa pesawat ATR yang melayani penerbangan Berau-Balikpapan ataupun Berau-Samarinda melebihi tiga puluh seat.

Yang artinya, bahwa penerapan harga tiket pesawat tersebut telah menyalahi aturan, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kepala BLU UPBU Kelas I Bandara Kalimarau, Ferdinan Nurdin mengatakan bahwa, untuk jumlah kursi yang disediakan oleh pesawat ATR ada 72.

“Ada 72 kursi kalau untuk pesawat ATR,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Coporate Communications Strategic Lion Group, Danang Mandala Prihantoro saat ditanyai terkait harga tiket pesawat yang terbilang cukup tinggi, tidak memberikan jawaban.

“Terima kasih atas pertanyaannya,” singkatnya.

Sementara itu, Perwakilan Maksapai Citilink, Arif saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, mengungkapkan bahwa pihaknya selalu mematuhi aturan pemerintah mengenai batasan harga yang dijual ke masyarakat.

“Kami dari Citilink selalu mematuhi aturan pemerintah mengenai batasan harga yang dijual ke Masyarakat,” tandasnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan