Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
AdvertorialPemkab Berau

112,96 Km Jalan Diperbaiki di 2023, Persentase Kerusakan Terus Menurun, Sri Juniarsih Minta Ditingkatkan Lagi

ZonaTV
655
×

112,96 Km Jalan Diperbaiki di 2023, Persentase Kerusakan Terus Menurun, Sri Juniarsih Minta Ditingkatkan Lagi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tanjung Redeb – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Berau terus berupaya memperbaiki kerusakan jalan di Berau. Persentase kerusakan pun dinilai terus menurun.

Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi menegaskan pada tahun 2023 lalu pihaknya telah menangani perbaikan jalan sepanjang 112,96 Km.

Selain perbaikan jalan, terdapat juga peningkatan jalan di wilayah perkotaan dan di luar kota. Adapun capaiannya, peningkatan jalan itu terdiri atas pekerjaan aspal (termasuk overlay) sepanjang 34,67 Km (dalam kota 14,02 Km dan luar kota 20,64 Km).

“Dan pekerjaan rigid beton (semenisasi) 28,77 Km (dalam kota 17,34 Km dan luar kota 11,43 Km). Itu untuk memperbaiki kondisi jalan dari rusak ringan atau rusak berat menjadi kondisi baik,” bebernya.

Tak hanya itu, terdapat penanganan pemeliharaan jalan dengan pekerjaan tanah pilihan sepanjang 49,52 Km untuk memperbaiki kondisi jalan dari rusak ringan atau rusak berat menjadi kondisi sedang.

“Jadi total penanganan bidang preservasi untuk perbaikan jalan tahun 2023 sepanjang 112,96 Km,” paparnya.

Ditambahkannya, penanganan perbaikan jalan dengan peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan yang dilakukan setiap tahun berguna untuk mengurangi persentase jalan yang rusak.

“Termasuk menangani kerusakan rutin yang terjadi karena jalan difungsikan atau dilewati kendaraan setiap tahun,” ujarnya.

Ke depan, Junaidi berharap kondisi jalan yang masih mengalami kerusakan itu dapat diatasi. Solusi untuk mengatasinya tidak hanya dengan mengubah status kawasan menjadi KBNK tetapi juga bekerja sama dengan pihak swasta.

“Seharusnya seperti itu (diubah statusnya, Red). Namun tetap kami mengupayakan agar dalam pemeliharaan jalan itu selalu berkolaborasi dengan pihak swasta yang ada di sekitar lokasi jalan yang rusak,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja PUPR dalam penanganan jalan rusak di Bumi Batiwakkal.

“Memang kami sering mendapat informasi keluhan terkait jalan rusak. Kendati begitu, perlahan-lahan, kerusakan jalan itu akhirnya ditangani. Dan apa yang sudah dilaksanakan sekarang, kami berharap agar itu ditingkatkan lagi,” tukasnya. (Adv/Elton/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan