Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauKaltimNasional

Berau Jadi Daerah Nomor 2 Terpanas di Indonesia

ZonaTV
255
×

Berau Jadi Daerah Nomor 2 Terpanas di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tanjung Redeb – Kabupaten Berau telah dipastikan memasuki musim kemarau. Sejak 31 Juli lalu hingga hari ini, Bumi Batiwakkal tercatat sebagai salah satu daerah dengan suhu terpanas di Indonesia.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau, Ade Heryadi, mengatakan berdasarkan data suhu maksimum harian Indonesia, Kabupaten Berau menduduki peringkat ke dua dari 20 urutan suhu udara maksimum tertinggi yang diamati oleh stasiun BMKG di Indonesia.

“Suhu maksimum di Kabupaten Berau tercatat 36,5 derajat celcius pada tanggal 31 Juli 2023, sedangkan hari Selasa (1/8) kemarin, Berau menduduki peringkat ke tiga dengan suhu 35,5 derajat celcius,” ujar Ade.

Sementara berdasarkan laporan BMKG Berau, rata-rata suhu udara maksimum pada bulan Juli 2023 di Berau mencapai 33,2 derajat Celsius.

Lanjutnya, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap suhu panas yang tinggi. Imbauan BMKG ini penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat di tengah kondisi cuaca yang ekstrem.

Ade mengingatkan, untuk menghindari paparan langsung sinar matahari pada jam-jam terpanas, memakai pakaian yang nyaman, dan mengonsumsi cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa saat ini suhu maksimum rata-rata normal bulan Mei 35.1 derajat celcius.

Sementara suhu maksimum absolute normal bulan Mei lalu 36.8 derajat celcius. Dan suhu maksimum absulte bulan Mei 2023 mencapai 36.9 derajat celcius.

Dikatakannya, dari data pihaknya yang dihimpun sejak tahun 1991 hingga 2020, suhu paling panas mencapai angka 37.0 derajat celcius.

“Dari data yang kami miliki dari tahun 1991 hingga tahun 2020, didapatkan suhu maksimum rata-rata 35 derajat celcius,” ujarnya.

Untuk maksimum absulte di setiap bulannya selama 30 tahun itu, tertinggi pada bulan Mei lalu. Dimana angka tersebut mencapai 36.8 derajat celcius.

Dalam data yang dimiliki, selama tahun 2023, sejak periode Januari hingga Mei, untuk maksimum absulte peningkatannya mencapai 0.1derajat celcius.

“Itu untuk suhu di bulan Mei lalu,” katanya.

Tidak hanya itu, suhu panas itu juga dipengaruhi oleh tutupan awan yang sedikit. Sehingga memaparkan radiasi matahari secara langsung ke Bumi.

“Itu yang menyebabkan suhu panas semakin terasa,” bebernya.

Lanjutnya, tahun ini diperkirakan akan terjadi Elnino. Dimana, Elnino ini akan membuat suhu semakin terasa panas.

Dimana, berdasarkan perkiraan dunia, 80 persen menyebut Elnino akan terjadi di Indonesia. Dan termasuk di Berau.

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

“Itu mengakibatkan uap air akan mendatangi suhu yang panas. Dan Indonesia yang memiliki permukaan air dingin, akan merasakan suhu panas,” jelasnya.

Dengan adanya fenomena Elnino, indonesia diperkirakan akan memasuki kemarau yang cukup panjang.

“Hingga 4 bulan jika diperhitungkan,” tegasnya.

Suhu panas yang terjadi di Berau, kata dia, faktor utamanya adalah tidak adanya tutupan awan. Yang mengakibatkan sinar matahari langsung menyorot ke Bumi.

Tidak hanya itu, sebagian kecil suhu panas ini juga dipengaruhi oleh berkurangnya hutan dan besarnya akitivitas pertambangan yang ada di Berau.

“Namun, itu hanya sebagian kecil saja. Karena memang sifat batu bara yang menyerap hawa panas. Mengakibatkan, suhu disekitarnya menjadi lebih panas,” tandasnya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan