Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauBerita

Tahun Depan Baru Dipindah

ZonaTV
100
×

Tahun Depan Baru Dipindah

Sebarkan artikel ini

Pemkab Pindah TPA ke Teluk Bayur

Example 468x60

Tanjung Redeb – Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau, telah menetapkan tiga titik relokasi TPA Bujangga. Tiga titik itu semuanya berada di Kecamatan Teluk Bayur.

Kepala DLHK Berau, Mustakim menjelaskan saat ini pihaknya telah melewati proses administrasi, daftar rencana pengadaan tanah, dan studi kelayakan.

Sesuai hasil studi kelayakan khususnya, dari 12 lokasi yang disurvei, terdapat tiga titik yang sudah dipastikan layak dan memenuhi syarat.

Tiga titik itu persisnya berada di wilayah arah masuk Kampung Pegat Pukur, Labanan Makmur, dan dekat simpang tiga Teluk Bayur dan Pegat Pukur.

“Tiga lokasi itu yang dinilai layak oleh konsultan. Ketiganya ada di Teluk Bayur. Nanti dilihat lagi mana salah satu yang dipilih,” jelasnya.

Menurutnya, tiga titik di Teluk Bayur itu jika dilihat dari luas lahan sudah melebih standar. Dari minimal 12 hektare (Ha) lahan yang diperlukan, tiga titik itu sama-sama memiliki luas sekira 20 Ha.

“Untuk jangka waktu 20 tahun, minimal 12 Ha. Tapi kalau lebih dari itu, lebih bagus lagi,” terangnya.

Diakuinya, dengan ditetapkannya tiga titik itu, Bupati Berau juga sudah meminta pihaknya untuk dapat segera memilih salah satu yang terbaik. Namun, hal itu perlu dilihat kembali dengan menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Akan kita tentukan. Tapi paling kurang penentuan itu ada kriteria penilaian lanjutan seperti timbunan tanah dan akses jalan,” imbuhnya.

Tahun ini, lanjut Mustakim, penentuan titik mana yang dipilih akan dilakukan. Termasuk pembebasan lahan dan pembuatan masterplan DED. Pihak konsultan juga sedang menyusun laporan akhir untuk menentukan titik yang terbaik.

“Tahun ini akan dipilih salah satunya. Tinggal dieksekusi tahun depan,” tandasnya. (*/TNW/FST)

Example 300250
Example 120x600

Respon (1)

Tinggalkan Balasan