Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
AdvertorialPemkab Berau

Serap Banyak Tenaga Kerja dan Dukung PDRB, Sektor IKM Terus Diperhatikan

ZonaTV
59
×

Serap Banyak Tenaga Kerja dan Dukung PDRB, Sektor IKM Terus Diperhatikan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tanjung Redeb – Sektor Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Berau merupakan salah satu sektor penting yang sangat didukung pertumbuhannya oleh pemerintah daerah (Pemda).

Pasalnya, sektor ini telah berhasil memajukan daerah dan menyejahterahkan masyarakat Bumi Batiwakkal. Berikutnya, meningkatkan perekonomian dan menekan angka pengangguran.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menjelaskan peranan penting IKM itu dapat dilihat dari kontribusi positifnya terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan kekuatannya menyerap tenaga kerja lokal.

“Sektor IKM merupakan salah satu sektor utama yang mendukung PDRB serta mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,” ungkapnya.

Disampaikannya, pada tahun 2023 silam Kabupaten Berau memiliki koneksi IKM dengan sentra lokasi sebesar 75 titik serta jumlah pengrajin sebanyak 645 orang yang tersebar di semua lokasi tersebut.

“Dan telah berhasil menyerap tenaga kerja sebesar 1.220 orang, memberi kontribusi terhadap PDRB sebesar 15,17 persen dan mendukung laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,47 persen,” imbuhnya.

Pertumbuhan dan kontribusi IKM yang baik itu, diakui Sri, telah mengharumkan nama daerah di tingkat provinsi. Karena itu, IKM akan menjadi salah satu sektor penting lainnya yang akan diperhatikan, di samping pariwisata.

“Pada tahun 2023 Kabupaten Berau dinobatkan sebagai kabupaten pariwisata dan UMKM di Kalimantan Timur,” pungkasnya. (Adv/Elton/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan