Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauBerita

PSU di TPS Lokasi Khusus 902 Capuak Berjalan Aman dan Lancar

ZonaTV
74
×

PSU di TPS Lokasi Khusus 902 Capuak Berjalan Aman dan Lancar

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tanjung Redeb – Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS Lokasi Khusus 902 Capuak, Kecamatan Talisayan, Sabtu (24/2/2024), berjalan aman dan lancar.

Komisioner Bawaslu Berau, Tamjidillah Noor menjelaskan pelaksanaan PSU tersebut diawasi secara langsung oleh Bawaslu Berau.

“Sifatnya kita monitoring pengawasan PSU ini. Karena PTPS kita sudah purna tugas,” ungkapnya.

Selain Bawaslu, PSU di TPS tersebut juga diawasi secara langsung oleh aparat keamanan dalam hal ini TNI/Polri dan pemerintah setempat.

“Ada dari TNI dan Polri. Polri dihadiri langsung Kapolsek. Ada camat juga. Mereka adalah mitra kita sebagaimana tupoksi masing-masing lembaga,” jelasnya.

Terkait jumlah pemilih, tambahnya, terdapat 40 pemilih yang mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP).

“Sedangkan DPR RI 17 pemilih, DPD RI 17, dan DPRD Provinsi 17 pemilih,” imbuhnya.

Terpisah, Koordinator Divisi HP2H Bawaslu Berau, Natalis Wada menjelaskan pelaksanaan PSU hari ini, Sabtu (24/2/2024) tak hanya dilaksanakan di Capuak. PSU juga dilaksanakan di TPS 24 Tanjung Redeb.

Seperti tiga TPS lain yang telah melaksanakan PSU pada Jumat, (23/2/2023), pelaksanaan PSU pada dua TPS itu juga terjadi karena melanggar ketentuan peraturan yang berlaku.

“Bahwa ada pemilih yang menggunakan KTP luar Berau serta menyalahi peraturan KPU pada pemilihan serentak 14 Februari lalu,” paparnya.

“Sehingga berdasarkan saran dari kami, KPU Berau akan melaksanakan PSU di lima lokasi itu. Dan duanya yang dilaksanakan hari ini,” imbuhnya.

Untuk jenis pemilihan atau surat suara uang dicoblos di TPS Lokasi khusus 902 Capuak Talisayan yakni pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP), DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi.

“Sedangkan jenis pemilihan di TPS 24 yakni pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP), DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,” bebernya.

Ditambahkannya, dengan dilaksanakan PSU pada Sabtu (24/2/2024), hari ini maka dengan sendirinya PSU di Kabupaten Berau akan berakhir. Berikutnya, tidak ada lagi TPS yang terlibat dalam PSU tersebut.

“Hanya lima TPS saja. Dan tidak ada lagi PSU. Dan PSU juga sudah berakhir hari ini,” tandasnya. (Elton/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan