Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BeritaBerau

Polsek Sambaliung Kawal Proses Hukum Adat

ZonaTV
182
×

Polsek Sambaliung Kawal Proses Hukum Adat

Sebarkan artikel ini

Pastikan Kondisi Aman dan Damai

Example 468x60

Tanjung Redeb – Perseteruan Sultan Sambaliung Datu Amir dengan seorang pemuda berujung dengan damai. Meskipun pemuda dengan insial RD tersebut harus dikenakan sanski adat, karena telah merendehkan Sultan Sambaliung.

Peristiwa pemberian denda adat itu pun dikawal ketat oleh Polsek Sambaliung. Pasalnya, sebelum denda adat diberikan, massa pendukung Datu Amir berhamburan mencari keberadaan pelaku yang merendahkan Sultan Sambaliung tersebut.

Kapolsek Sambaliung, Iptu Iwan Purwanto menjelaskan, bahwa pihaknya hanya mengawal berjalannya pemberian hukum adat tersebut.

Pasalnya, peristiwa tersebut tidak masuk ranah hukum pidana. Lantaran, Datu Amir sebagai Sultan Sambaliung, enggan melanjutkan persoalan tersebut dengan alasan bahwa pelaku adalah anak yang ada dibawah perlindungannya.

“Sultan Sambaliung berbesar hati dan memberikan maaf. Sehingga persoalan itu tidak ditempuh jalur hukum. Tapi prosesnya menempuh denda adat,” ujarnya.

Diakuinya, dalam pelaksaan hukum adat dijatuhi denda adat terhadap pelaku. Yakni, harus menyerahkan satu ekor kambing dan satu buah mandau.

“Sampai proses penyerahannya pun kami kawal. Karena, kami khawatir terhadap massa yang masih menaruh rasa tidak puas terhadap persoalan yang ada,” bebernya.

Diakuinya, Rabu (20/9/2023) pelaku sudah menyerahkan satu ekor kambing dan satu bilah mandau ke kediaman Datu Amir.

“Sudah diserahkan. Dan pemberian denda adat sudah berjalan damai,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengimbau agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi. Dan berharap, agar anak-anak muda di Berau khususnya Sambaliung bisa menghormati dan menghargai orang uang lebih tua.

“Jika memang tidak kenal, ya tetap harus menghormati orang yang lebih tua. Dimana bumi di pijak, disitu langit dijunjung. Saling menghargai dan menghormati itu penting,” tandasnya. (FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan