Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauBerita

Masih Banyak Jalan Tergenang Air Pasca Hujan

ZonaTV
101
×

Masih Banyak Jalan Tergenang Air Pasca Hujan

Sebarkan artikel ini

PUPR Berau Sebut Ada Kendala

Example 468x60

Tanjung Redeb – Banjir yang merendam rumah dan beberapa ruas jalan di wilayah perkotaan Berau, akibat hujan yang terjadi beberapa hari belakangan, membutuhkan strategi penanganan khusus. Terutama terkait pembangunan drainase.

Pasalnya, masih terdapat banyak kendala yang ditemukan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau dalam menangani persoalan tersebut. Untuk keluar dari masalah itu, tentu dibutuhkan penanganan secara terukur dan maksimal.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) pada DPUPR Berau, Hendra Pranata menjelaskan pelaksanaan pembangunan drainase untuk mengatasi banjir memang memerlukan srategi-strategi penanganan khusus. Sebab masih terdapat kendala yang ditemukan, seperti masalah lahan, traffic, masa pelaksanaan, kesulitan medan, dan sebagainya.

“Jadi, target kami bagaimana setiap rupiah anggaran, dapat berdampak maksimal untuk mengurangi genangan dan banjir di tengah tantangan-tantangan tadi,” jelasnya.

Salah satu strategi untuk menangani masalah itu, lanjut Hendra, yakni dengan menyusun terlebih dahulu urutan segmen-segmen yang perlu ditangani. Termasuk, mempercepat proses pelaksanaan tender sejak dini.

“Yang mana tender yang perlu dijadwalkan untuk ditangani pada ABT ini, yang mana untuk anggaran berikutnya. Untuk tahun ini drainase yang diprioritaskan juga sudah mulai masuk persiapan tender,” terangnya.

Terkait pembangunan drainase tahun ini, diakui Hendra, akan dilakukan pada tiga jalur yakni di kawasan Durian 3 dan sekitarnya, Kedaung, dan Teluk Bayur. Tiga jalur ini juga sudah masuk persiapan tender.

“Tiga jalur itu target utama kita. Karena titik-titik terparahnya di situ. Selain itu damage areanya juga cukup luas,” imbuhnya.

Menanggapi media ini terkait rumah warga yang terendam banjir di kawasan Jalan Raja Alam, termasuk Jalan SMP di Kedaung, ditambahkan Hendra, sudah dibuat survei. Kawasan itu juga masuk dalam prioritas pembangunan drainase tahun ini.

“Dua kawasan itu masuk dalam tiga prioritas itu. Ditangani semua tahun ini. Tapi ada segmen-segmennya. Segmennya banyak sekali. Kita pilih mana ditangani duluan. Contoh banjir di perumahan BI, yang ditangani drainase Kakabannya dulu,” tandasnya. (*/TNW/FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan