Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
Berau

Empat Titik Galian Proyek Drainase Hambat Distribusi Air ke Pelanggan

ZonaTV
128
×

Empat Titik Galian Proyek Drainase Hambat Distribusi Air ke Pelanggan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tanjung Redeb – Galian proyek pembangunan drainase pada empat titik dalam wilayah perkotaan Berau mengakibatkan distribusi air minum ke pelanggan Perumda Air Minum Batiwakkal terhambat.

Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman menjelaskan empat titik proyek drainase yang menghambat distribusi ai minum itu yakni proyek drainase di daerah Gunung Tabur, Jalan Kedaung, Jalan Mulawarman, dan Jalan Mangga.

Menurutnya, galian proyek drainase yang dilakukan secara beruntun itu menyebabkan terjadinya kebocoran pada pipa distribusi. Kebocoran yang cukup besar itu berimbas ke distribusi air.

“Karena beruntun dan bocor cukup besar seperti ini mengakibatkan gangguan jadi lebih lama dan mempengaruhi aliran air ke pelanggan secara lebih luas,” jelasnya.

Diakuinya, untuk mengantisipasi agar masalah itu tidak terjadi, pihaknya selalu membangun koordinasi dan melakukan pengawasan. Namun, selalu saja ada faktor eksternal yang terjadi di luar kemampuan dan wewenangnya.

“Setiap proyek seperti ini selalu dikoordinasikan dan kami awasi. Tapi selalu saja ada faktor x dari pekerja di lapangan yang sekali lagi di luar kewenangan dan kemampuan kami di PDAM,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, Tim PDAM bersama pihak pelaksana proyek sedang melakukan perbaikan. Perbaikan itu diharapkan dapat berjalan lancar dan kebocoran yang terjadi dapat ditangani dengan baik.

“Saat ini yang tertinggal kebocoran di Jalan Mangga. Semoga 1-2 jam ini sudah bisa diselesaikan dengan baik. Dan ada info baru lagi ada kebocoran di Kedaung. Semoga bisa ditangani,” ungkapnya Jumat (17/11) malam.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Drainase Jalan Mangga, Anto membenarkan distribusi air minum terhambat proyek galian pembangunan drainase tersebut. Hal itu juga terjadi di Jalan Mangga.

“Yang Mangga kejadian sore tadi. Kami langsung koordinasi sama PDAM untuk segera diperbaiki. Nanti dibantu juga tenaga di lapangan,” paparnya.

Disampaikannya, memang susah dihindari kebocoran itu terjadi saat galian dilakukan. Namun, kebocoran yang terjadi pada pipa akibat galian itu akan segera ditangani.

“Kena pipa 4 inch. Bukan pipa distribusi utama. Kurang lebih 1,5 meter. Sudah ditangani dan sudah selesai,” tutupnya. (TNW)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan