Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BeritaBerau

DPPKBP3A Buka Layanan Konsultasi Gratis Bagi Caleg Gagal

ZonaTV
273
×

DPPKBP3A Buka Layanan Konsultasi Gratis Bagi Caleg Gagal

Sebarkan artikel ini

Inovasi Pertama Pasca Pemilu

Example 468x60

Tanjung Redeb – DPPKBP3A Kabupaten Berau melalui Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Sanggam membuka layanan konsultasi psikologi gratis bagi para caleg yang gagal pada pemilu 2024.

Tenaga Psikolog pada DPPKBP3A Berau, Muhammad Ali Husni menjelaskan layanan khusus caleg tersebut merupakan inovasi pertama kali yang baru dibuat dinas terkait pasca pemilu, tahun ini.

“Karena tenaga psikolog di dinas di tahun-tahun emilu sebelumnya belum pernah ada,” jelasnya kepada media ini, Jumat (16/2/2024).

Disampaikannya, layanan konsultasi psikologi khusus tersebut dilakukan mengingat sering bermunculnya kasus caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam pesta demokrasi.

“Tak hanya caleg. Adapun klien khusus lainnya yakni anak dan perempuan dari keluarga caleg tersebut,” terangnya.

Tekanan mental signifikan setelah gagal meraih kemenangan pada pemilu, lanjutnya, membutuhkan waktu bagi para caleg untuk bisa beradaptasi dengan dunia politik serta lingkungan yang kompleks.

“Sehingga, dengan fasilitasi konsultasi psikologis dari tenaga konselor dan psikolog Puspaga, mental para caleg dan keluarga dapat dibentengi agar tidak mudah mengalami gangguan mental,” imbuhnya.

Meskipun dibuka layanan itu, tambahnya, ketahanan mental perlu dilakukan secara berkelanjutan. Berikutnya, efikasi diri dan dukungan dari lingkungan menjadi kunci bagi meningkatnya ketahanan mental tersebut.

“Dalam situasi darurat, respons cepat dan pengenalan tanda-tanda gangguan mental menjadi kunci,” bebernya.

Untuk diketahui, layanan konsultasi gratis ini dapat diakses mulai Senin-Kamis (19-22 Februari 2024), pukul 08.00-15.00 Wita. Ditangani oleh psikolog dan konselor psikologi, koordinator layanan langsung dihandle Kepala DPPPKBP3A.

“Narahubung: 081310909252 (Admin Puspaga). Dan jadwalnya, akan disesuaikan dengan jadwal layanan lainnya,” tandasnya. (TNW/FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan