Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauBerita

Capai Zona Hijau, Pemkab Berau Raih Penghargaan Ombudsman RI

ZonaTV
37
×

Capai Zona Hijau, Pemkab Berau Raih Penghargaan Ombudsman RI

Sebarkan artikel ini
Example 468x60
TS Poll - Loading poll ...

Tanjung Redeb – Pemerintah Kabupaten Berau berhasil meningkatkan capaian predikat kepatuhan dan hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023. Pemkab Berau kini berada dizona hijau dengan capaian 79,59 kategori kualitas tinggi.

Atas capaian ini, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menerima piagam penghargaan opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Penghargaan diserahkan Pjs Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Rahman, di Balikpapan, Rabu (31/1/2023).

Iklan
Example 300x600

Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, serta seluruh pemerintah kabupaten dan kota sesuai dengan capaian peringkat yang diraih.

Pjs Kepala Ombudsman Perwakilan Kaltim, Hadi Rahman, menyampaikan, Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang berwenang dan berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik oleh penyelenggara negara dan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah, termasuk BUMN, BUMD dan BHMN, serta badan swasta atau perseorangan yang bertugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN dan/atau APBD.

Penilaian kepatuhan ini untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan tujuan perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan maladministrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan pada tiap unit pelayanan publik.

Pada penilain kepatuhan ini disebutkan lokus unit pelayanan di pemerintah daerah diantara pada dinas penanaman modal dan pelayanan satu pintu, dinas kependudukan dan catatan sipil, dinas pendidikan, dinas sosias, dinas kesehatan serta rumah sakit maupun puskesmas, yang bersentuhan langsung dalam pelayanan kepada masyarakat. “Total ada 54 unit layanan dari 11 pemda di Kaltim dengan 1216 kertas kerja yang diambil oleh tim penilai untuk dilakukan verifikasi,” ungkapnya.

Kepala Ombudsman Kaltim mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang berhasil
meningkatkan capaian predikat kepatuhan dari tahun sebelumnya. Secara umum di Kaltim rata rata hasil penilaian kepatuhan meningkat dari tahun sebelumnya, baik kategori pemerintah daerah maupun kategori unit layanan.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengungkapkan rasa syukur atas peningkatan capaian predikat kepatuhan dan hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023, yang menempat Berau di zona hijau. Sebagai kepala daerah bupati menyampaikan terima kasih kepada jajaran OPD yang terus menunjukkan kinerja sehingga pada tahun ini sudah berada di zona hijau. “Alhamdulillah tahun ini meningkatkan dari sebelumnya kita dizona kuning. Ini menjadi motivasi kita untuk terus lebih baik,” tegasnya.

Meskipun sudah berada di zona hijau, ditegaskannya evaluasi terap barus dilakukan. Sehingga seluruh OPD dapat dengan optimal memenuhi standar pelayanan publik yang telah ditetapkan. “Tetap kita evaluasi, apa apa yang menjadi kendala OPD kita selesaikan bersama, kita dorong bersama semoga tahun depan kita bisa meningkat ke zona hijau tua,” tandasnya.

Turut mendampingi Bupati Berau, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Maulidiyah dan Inspektur Inspektorat Berau, Riza Fahmi. (RN/Prokopim/FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan