Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BerauBerita

Berau Punya Potensi Tsunami

ZonaTV
121
×

Berau Punya Potensi Tsunami

Sebarkan artikel ini

BPBD Harap Ada Alat Pengukur Potensi Tsunami dan Mitigasi Bencana

Example 468x60
TS Poll - Loading poll ...

Tanjung Redeb – Kabupaten Berau diapit oleh dua lempengan aktif. Yakni, Lempeng Mangkalihat dan Lempeng Tarakan (Laut Sulu).

Kedua lempengan tersebut, sampai saat ini berpotensi terjadi pergeseran. Dan tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada bencana yang tidak diinginkan.

Iklan
Example 300x600

Kabid Kedururatan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Nofian Hidayat menjelaskan, bahwa memang Kabupaten Berau saat ini memiliki potensi terjadi tsunami.

“Potensi itu ada, meskipun terbilang kecil,” ujarnya.

Dikatakannya, meskipun potensinya kecil, tapi masyarakat harus tetap siaga. Pasalnya, tidak ada yang mengetahui kapan bencana tersebut akan terjadi.

“Terlebih lagi, memang kami belum memiliki alat yang bisa mendeteksi potensi tsunami tersebut,” katanya.

Dirinya menjelaskan, bahwa alat pendeteksi tsunami itu harusnya terpasang di daerah Pesisir Selatan Berau dan daerah Kepulauan Derawan.

“Itu wilayah yang paling rawan terjadi tsunami, karena memang lokasinya di daerah pantai,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini pihaknya pun berupaya untuk melakukan mitigasi. Dimana, mitigasi adalah upaya yang bertujuan untuk menurunkan risiko dan dampak dari bencana. Bencana sendiri memiliki tiga kelompok kategori, yakni bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial.

“Tentunya, bagi masyarakat yang berada di wilayah Kepulauan Derawan dan Pesisir Selatan Berau, itu harus mendapatkan pemahaman soal sikap dan tindakan yang harus dilakukan jika tsunami terjadi,” tuturnya.

Tak hanya itu, dirinya berpandangan bahwa memang harus dilakukan simulasi agar masyarakat lebih matang menghadapi potensi bencana tersebut.

“Kalau memungkinkan, pastinya kami mau agar ada simulasi,” tandasnya. (FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan