Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia GET
Example floating
Example floating
BalikpapanBeritaKaltim

Balikpapan Krisis Air Bersih

ZonaTV
163
×

Balikpapan Krisis Air Bersih

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Balikpapan – Kota Balikpapan saat ini mengalami krisis air bersih. Berdasarkan kajian yang dilakukan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) ketinggian air di Waduk Manggar dan Teritip telah berada di bawah ambang batas.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud bersama jajaranyan meninjau kondisi terkini Waduk Teritip, Balikpapan Timur, Minggu (1/10)

Saat ini dampak kemarau panjang, ketinggian air Waduk Teritip saat ini 19,8 meter dari biasanya 21,50 meter.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meminta agar masyarakat khususnya pelanggan melakukan penghematan penggunaan air bersih. Sambil berharap, hujan dalam waktu dekat. Sehingga ketinggian air di Waduk kembali normal.

“Jadi kami mengimbau masyarakat semaksimal mungkin dan seperlunya saja menggunakan air bersih. Kita berdoa saja mudah-mudahan ada hujan. Risiko kita ini kan tadah hujan, Waduk kita ini. Jadi kita berharap dalam bulan ini hujan segera turun,” jelasnya.

“Hasil kajian dari BWS berkoordinasi dengan direksi PTMB bahwa ini ada penurunan di beberapa Waduk kita termasuk Manggar dan di Teritip,” kata dia.

“Karena hasil dari BWS tadi level air bertahan, kalau di kuras digunakan 100-200 persen bisa bertahan sampai 24 Oktober saja kalau tidak ada hujan,” sebutnya.

Dia menambahkan, saat ini tengah mencari alternatif, diantaranya dengan jika memungkinkan dapat memaksimalkan Waduk Samboja, Kutai Kertanegara (Kukar). Saat ini tengah dikaji BWS dan PTMB.

“Kita cari alternatif lagi, termasuk disampaikan dari BWS tadi, ada Waduk di Samboja yang memang Sudah dalam kajian sama PTMB untuk bisa dimaksimalkan penggunaannya,” tukasnya.

Dalam tinjauannya ke waduk Teritip wali kota Balikpapan mendapat penjelasan petugas monitoring Lapangan Waduk, Balai Wilayah Sungai IV M Saleh.

Rahmad juga didampingi Plt Dirut PTMB Rita, Plt Dirtek Khoiruddin dan Direktur Operasional PTMB Anang Fadliansyah. ikut pula mendampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Andi Yusri Ramli, Asisten Tata Pemerintahan Zulkifli, Staf Ahli Arzaedi Rachman, Kepala Dinas Pendidikan Irfan Taufik, Kepala Kominfo Balikpapan Adamin Siregar, Plt Kepala Perkim Balikpapan Rafiuddin, Camat Balikpapan Timur. (*/OM/FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan